Shah Rukh Khan wajah dari India baru yang gemerlap




Shah Rukh Khan merupakan wajah dari India baru yang gemerlap. Dia adalah dewa masa kini. Poster-posternya terjual berjejeran dengan gambar dewa dewi dijalan jalan India. Tempat - tempat suci dibangun atas namanya. Bagi masyarakat India, maupun non-india yang menggemari film Hindi, nama Shah Rukh Khan lebih besar daripada gabungan Tom Cruise dan Brad Pitt. Setelah 20 tahun dan lebih dari 70 film,dia telah membesarkan nama Bollywood. Di studio studio bernoda paan Mumbai, kisah Shah Rukh, bagaimana seorang bocah muslim kelas menengah dari Delhi menjadi salah satu seorang bintang film besar dalam dunia indrustri perfilman terbesar di dunia,menjadi legenda. Sehingga setiap kali dia menjetikkan punting rokok, orang-orang akan memungutnya sebagai souvenir. Media, tanpa nada ironi dan mengejek, menjulukinya sebagai King Khan.
               
Rumah Shah Rukh,bungalow warisan yang berada di pinggiran Mumbai, sudah lama menjadi daya tarik bagi para turis. Bus-bus yang membawa pelancong secara rutin berhenti didepan pintu gerbang. Setiap minggu malam, saat Mumbai, kota sibuk yang dihuni 18juta jiwa, berhenti sejenak untuk bernafas,para pria dan wanita berkumpul untuk melakukan darshan (cuci mata). Kadang-kadang, saat berada dirumah Shah Rukh melangkah ke teras dan melambaikan tangan kepada para pengagumnya.
                Tetapi, kehidupan Shah Rukh lebih daripada sekedar kisah keberhasilan dalam pertunjukkan yang dramatis. Dia adalah seorang superstar muslim dalam Negara yang sebagian besar masyarakatnya beragama Hindu, dan kehidupannya mencerminan pandangan yang jelas akan berbagai kekuatan yang membentuk budaya India saat ini.
                Kejayaan Shah Rukh Khan bias dipahami sebagai metafora bagi sebuah Negara yang berubah dengan sangat cepat.

Sumber : The Book “ Shah Rukh Khan The King Of Bollywood”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar